Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa
kelas X Ak SMK Swasta Bandung 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantu Media Audio Visual Terhadap
Hasil Belajar Siswa X SMK Swasta Bandung 1 pada pokok materi Safe Deposit
Box, Bank Notes, Travellers Cheque Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Bandung 1 yang beralamat di
Jl. Pengabdian No. 72 Bandar Setia Ujung, Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang
Kode Pos 20371. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ak
yang berjumlah 30 orang, sedangkan sampel yang digunakan adalah seluruh siswa
kelas X Ak yang berjumlah 30 orang (sampling jenuh). Instrumen penelitian dengan
menggunakan angket yang berjumlah 15 item yang valid dan tes tertulis berbentuk
uraian yang berjumlah 10 soal yang valid.
Berdasarkan perhitungan persamaan regresi linier sederhana diperoleh
bahwa Y = 32,405 + 0,952. Ini menunjukkan bahwa setiap peningkatan persamaan
regresi linier untuk Model Pembelajaran Inquiry Berbantu Media Audio Visual,
maka akan terjadi peningkatan sebesar 0,952. Uji signifikansi dengan uji t diperoleh
hasil sebesar 4,688 dengan signifikan 0,000. Sedangkan dari hasil uji determinasi
diperoleh hasil 44% sedangkan sisanya 56% dipengaruhi oleh faktor lain diluar
penelitian ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang
sangat signifikan antara model pembelajaran Inquiry berbantu media audio visual
terhadap hasil belajar siswa kelas X AK SMK Swasta Bandung 1.