Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperative Tipe Pair Checks Berbantuan Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK PAB 2 Helvetia

Show simple item record

dc.contributor.author Lestari, Desi
dc.date.accessioned 2020-03-12T03:07:22Z
dc.date.available 2020-03-12T03:07:22Z
dc.date.issued 2018-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2549
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Kooperative Tipe Pair Checks berbantuan kartu soal dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional, mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperative Tipe Pair Checks Berbantuan Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2017-2018 . Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK PAB 2 Helvetia. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia yang beralamat di Jalan Veteran Psr. IV Helvetia Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang menggunakan rancangan penelitian Noeequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018 yang berjumlah 73 orang siswa. 36 siswa kelas eksperimen dan 37 siswa kelas kontrol. Intrumen penelitan dengan menggunakan tes tertulis berbentuk uraian. Test sebanyak 6 soal yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil analisis data kelas eksperimen diperoleh mean sebelum perlakuan sebesar 62,36 dengan standar deviasi 7,83 dan setelah perlakuan diperoleh mean 83,53 dengan standar deviasi 7,88. sedangkan hasil analisis data kelas kontrol diperoleh mean data sebelum perlakuan 46,5 dengan standar deviasi 7,56 dan setelah perlakuan diperoleh mean 69,3 dengan standar deviasi 7,73. Penelitian ini menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas data hasil belajar dan uji F untuk mengetahui homogenitas data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dua sampel. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis maka diperoleh thitung > ttabel dengan hasil thitung 8,569 > ttabel 1,99346 artinya Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperative Tipe Pair Checks Berbantuan Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada indikator mengidentifikasi transaksi transfer, kliring dan inkaso kelas X Akuntansi SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2017-2018. en_US
dc.subject Kooperative Tipe Pair Checks en_US
dc.subject Kartu Soal en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Kooperative Tipe Pair Checks Berbantuan Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK PAB 2 Helvetia en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account