Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar
antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Kooperative Tipe
Pair Checks berbantuan kartu soal dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan
dengan model konvensional, mengetahui pengaruh Model Pembelajaran
Kooperative Tipe Pair Checks Berbantuan Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar
Akuntansi Siswa Kelas X SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2017-2018 .
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas
X Akuntansi SMK PAB 2 Helvetia.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia yang beralamat di Jalan
Veteran Psr. IV Helvetia Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini merupakan
penelitian Quasi Eksperimen yang menggunakan rancangan penelitian
Noeequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik
purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X
SMK PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018 yang berjumlah 73 orang siswa. 36 siswa
kelas eksperimen dan 37 siswa kelas kontrol. Intrumen penelitan dengan
menggunakan tes tertulis berbentuk uraian. Test sebanyak 6 soal yang terlebih
dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya.
Dari hasil analisis data kelas eksperimen diperoleh mean sebelum perlakuan
sebesar 62,36 dengan standar deviasi 7,83 dan setelah perlakuan diperoleh mean
83,53 dengan standar deviasi 7,88. sedangkan hasil analisis data kelas kontrol
diperoleh mean data sebelum perlakuan 46,5 dengan standar deviasi 7,56 dan
setelah perlakuan diperoleh mean 69,3 dengan standar deviasi 7,73. Penelitian ini
menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas data hasil belajar dan uji F
untuk mengetahui homogenitas data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t
dua sampel. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis maka diperoleh thitung >
ttabel dengan hasil thitung 8,569 > ttabel 1,99346 artinya Ha diterima. Dengan
demikian terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperative Tipe Pair Checks
Berbantuan Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada indikator
mengidentifikasi transaksi transfer, kliring dan inkaso kelas X Akuntansi SMK
PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2017-2018.