Abstract:
Kekerasan yang dilakukan oleh guru terhadap siswa di sekolah, baik
kekerasan fisik, psikis, maupun seksual, sangat berdampak buruk pada
perkembangan psikologis siswa. Penelitisn tersebut di gunksn untuk mencari tahu
penyebab terjadi nya kekerasan fisik yang dilakukan guru pada murid.
Penelitian ini adalah penelitian yuridis normatif yang bersifat deskriptif,
menggunakan pendekatan perundang-undangan, data dalam penelitian ini
bersumber dari data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian
kepustakaan yaitu mengunjungi perpustakaan secara langsung atau tidak langsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sejumlah upaya yang
dilakukan oleh guru untuk mencegah tindakan kekerasan mereka terhadap siswa
mereka. Salah satu upaya tersebut adalah mempertahankan sikap profesionalisme
mereka sebagai guru, membangun hubungan yang baik, memberikan pelatihan
khusus tentang cara mengajar siswa tanpa menggunakan kekerasan, menegakkan
disiplin bagi guru dan murid yang melanggar aturan, dan memberikan opsi sanksi
tambahan selain sanksi langsung