Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kelas X SMK PAB 2 Helvetia

Show simple item record

dc.contributor.author Aprillia, Ayu
dc.date.accessioned 2020-03-12T03:01:21Z
dc.date.available 2020-03-12T03:01:21Z
dc.date.issued 2017-03-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2546
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teachingterhadap hasil belajar, 2) Untuk mengetahui pengaruh Kemandirian Belajar terhadap hasil belajar, 3) Untuk mengetahui pengaruh interaksi antara Kemandirian Belajar dan model pembelajaran Reciprocal Teaching Kemandirian Belajar terhadap hasil belajar siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya kemandirian belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia tahun pelajaran 2017/2018. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X SMK PAB 2 Helvetia yang terdiri dari dua kelas dengan sampel sebanyak 73 siswa, 36 siswa kelas eksperimen dan 37 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan Nonequivalent Control Group Design. Masing-masing siswa di tiap kelas dikelompokan kembali berdasarkan kemandirian belajar yang dimilikinya. Sehingga terbentuk 2 kelompok berbeda di tiap kelas yakni kelompok kemandirian rendah dan kelompok kemandirian tinggi. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji ANAVA dua jalur. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukan nilai untuk pengaruh model pembelajaran sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar. Hasil uji hipotesis kedua menunjukan nilai untuk pengaruh kemandirian belajar sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar. Hasil uji hipotesis yang ketiga menunjukan nilai untuk pengaruh interaksi sebesar 1,000 < 0,05 yang berarti tidak terdapat interaksi antara kemandirian belajar dan model pembelajaran reciprocal teaching kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa. en_US
dc.subject Model Reciprocal Teaching en_US
dc.subject Kemandirian Belajar en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kelas X SMK PAB 2 Helvetia en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account