Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Reciprocal Teachingterhadap hasil belajar, 2) Untuk mengetahui pengaruh
Kemandirian Belajar terhadap hasil belajar, 3) Untuk mengetahui pengaruh
interaksi antara Kemandirian Belajar dan model pembelajaran Reciprocal
Teaching Kemandirian Belajar terhadap hasil belajar siswa.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya
kemandirian belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia
tahun pelajaran 2017/2018.
Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X SMK PAB 2 Helvetia yang
terdiri dari dua kelas dengan sampel sebanyak 73 siswa, 36 siswa kelas
eksperimen dan 37 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan
teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan Nonequivalent
Control Group Design. Masing-masing siswa di tiap kelas dikelompokan kembali
berdasarkan kemandirian belajar yang dimilikinya. Sehingga terbentuk 2
kelompok berbeda di tiap kelas yakni kelompok kemandirian rendah dan
kelompok kemandirian tinggi.
Uji hipotesis penelitian menggunakan uji ANAVA dua jalur. Hasil uji hipotesis
penelitian menunjukan nilai untuk pengaruh model pembelajaran sebesar 0,001 <
0,05 yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar.
Hasil uji hipotesis kedua menunjukan nilai untuk pengaruh kemandirian belajar
sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap
hasil belajar. Hasil uji hipotesis yang ketiga menunjukan nilai untuk pengaruh
interaksi sebesar 1,000 < 0,05 yang berarti tidak terdapat interaksi antara
kemandirian belajar dan model pembelajaran reciprocal teaching kemandirian
belajar terhadap hasil belajar siswa.