Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas XI-IPS
1
SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh media modul pembelajaran terhadap hasil belajar
siswa kelas XI-IPS
1
SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran
2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal yang
beralamat Jl. Sei Mencirim No.60, Medan Krio, Kec. Sunggal, Kab. Deli Serdang.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 67 orang siswa kelas XI-IPS, sedangkan
sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI-IPS
1
SMA Muhammadiyah 18
Sunggal yang berjumlah 31 orang (proposif sampling), instrument penelitian
dengan menggunakan tes tertulis berbentuk subjektif tes (essay) dan angket. Tes
yang digunakan sebagai data penelitian berjumlah 7 item yang terlebih dahulu
diuji validitas dan reliabilitasnya. Dan angket yang digunakan sebagai data
penelitian berjumlah 5 item yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya.
Dari hasil analisis data tes diperoleh mean 81,93 dan standart deviasi
10,79 sedangkan angket diperoleh mean 19,87 dan standart deviasi 3,50.
Penelitian ini menggunakan uji Liliefors untuk mengetahui normalitas data hasil
belajar dan uji F untuk mengetahui homogenitas data. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan uji t data tunggal atau one sampel dk = N – 2 = 31 – 2 = 29,
pada α = 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesi maka diperoleh thitung >
ttabel (3,271 > 1,699). Artinya Ha diterima H0 ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media
modul pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada indikator
menyusun jurnal penyesuaian siswa kelas XI-IPS
1
SMA Muhammadiyah 18
Sunggal Tahun Pembelajaran 2016/2017.