Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Budisatrya Medan di jalan Letda
Sujono No.166, Bandar Selamat, Kec. Medan Tembung,Kab. Kota Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-IPS SMA Swasta
Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang terdiri 39 orang. Sampel
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-IPS
yang terdiri dari 39 orang
yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian dengan
menggunakan tes tertulis berbentuk uraian. Tes sebanyak 12 soal yang dibagi
kedalam dua bagian yaitu 6 soal pre-test dan 6 soal post-test yang terlebih dahulu
diuji validitas dan reliabilitasnya.
1
Dari hasil analisis data pre-test diperoleh rata-rata hasil pre-test 67,82 dan standar
deviasi 9,67. Sedangkan data post-test diperoleh rata-rata hasil post-test 84,51 dan
standar deviasi 8,45. Penelitian ini menggunakan uji Liliefors untuk mengetahui
normalitas data hasil belajar dan uji F untuk mengetahui Homogenitas data.
Hipotesis dilakukan dengan uji t dua pihak dengan dk = N-1 pada α = 0,05.
Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel 0,600>0,316
yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima.Dengan demikian data disimpulkan bahwa
“ Ada Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar
Siswa Kelas XI-IPS SMA Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran
2017/2018