Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Akuntansi pada
materi jurnal khusus kelas X SMK Bayu Pertiwi 1 Sunggal dengan tujuan untuk
meningkatkan hasil belajar Akuntansi pada materi jurnal khusus kelas X SMK
Bayu Pertiwi 1 Sunggal T.A 2016/2017.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Bayu Pertiwi 1 Sunggal
yang berjumlah 25 orang yang semuanya perempuan. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar
Akuntansi siswa kelas X SMK Bayu Pertiwi 1 Sunggal, setelah guru menerapkan
kolaborasi model pembelajaran Explicit Instruction dan The Power Of Two
khususnya pada materi pembelajaran jurnal khusus. Hal ini dapat dilihat dari tes
awal yang dilakukan dengan nilai rata-rata hasil tes belajar siswa pada tes awal
adalah 59 (tidak tuntas ) dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 orang siswa
(24%) dan jumlah siswa yang tidak tuntas dalam tes awal ini sebanyak 19 orang
siswa (76%). Pada siklus I nilai ratarata siswa 78,6 (Tuntas) dengan siswa yang
tuntas sebanyak 16 orang siswa (64%) dan jumlah siswa yang tidak tuntas
sebanyak 9 orang siswa (36%) , dan pada siklus II Nilai rata-rata siswa 87,4
(tuntas) dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 orang siswa (88%) dan
jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 orang siswa (12%)