Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Implementasi Metode
Peer Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK
SMK YPK Medan, Tahun Ajaran 2016/2017.
Teknik Analisis Data dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes
dan lembar observasi. Untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan tes
dalam bentuk uraian. Dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas XI SMK YPK Medan yang berjumlah 36 orang siswa pada tahun Pelajaran
2016/2017.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 siklus, yang setiap siklus
nya mempunyai tahap-tahapan yaitu perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan
Refleksi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Implementasi Metode Peer
Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi pada kompetensi dasar
pencatatan transaksi Akuntansi Kartu Persediaan. Setelah mengamati hasil belajar
dari tes awal (sebelum menerapkan Metode Peer Teaching) dari 36 siswa hanya 7
dengan persentase 19,44% orang mampu mencapai KKM yang telah ditentukan.
Setelah menerapkan Metode Peer Teaching terjadi peningkatan hasil belajar yaitu
pada siklus I terdapat 13orang yang tuntas dengan persentase 36,11% dan setelah
siklus II menjadi 28 orang siswa yang tuntas dengan persentase 77,78% dengan
kategori tinggi
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa apakah Implementasi Metode
Peer Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK
SMK YPK Medan, Tahun Ajaran 2016/2017.