Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
dalam proses pembelajaran akuntansi. Hal ini terlihat dari data yang diperoleh dari
guru mata pelajaran akuntansi sehingga diperlukan usaha dan model serta media
yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan
media games education (games ball)
Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Tamansiswa Medan Tahun
Pelajaran 2016/2017. Dengan sampel yang terdiri dari satu kelas yang berjumlah
25 orang siswa, teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah
Total sampling. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hasil belajar siswa
dengan menggunakan media games education (games ball) pada siswa kelas X
SMK BM Tamansiswa Medan.
Instrument penelitian yang digunakan dalam bentuk Obyektif Tes
Berbentuk Essay Tes terdiri dari 10 item tes.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar
siswa dalam menjawab soal. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh
penggunaan media games education (games ball) terhadap hasil belajar akuntansi
siswa kelas X SMK BM Tamansiswa Medan. Dari hasil hipotesis menunjukkan
nilai thitung adalah sebesar 13.84 dan nilai ttabel sebesar 2,064 dengan taraf nyata α
= 0,05 maka thitung > ttabel yaitu (13.84 > 2,064)