Research Repository

Pengaruh Model Discovery Learning Dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMK Tarbiyah Islamiyan Hamparan Perak

Show simple item record

dc.contributor.author Effendi, Erlina
dc.date.accessioned 2020-03-12T02:35:30Z
dc.date.available 2020-03-12T02:35:30Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2534
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak di SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model discovery Learning dan kemandirian pada siswa kelas X Ak di SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak pada kompetensi dasar Menerapkan jurnal, konsep debet kredit, saldo normal, sistematika pencatatan dan bentuk jurnal. Tahun Pelajaran 2017/2018 . Penelitian ini dilaksanakan di SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan Simpang Beringin Kampung Selemak kecamatan Hamparan Perak, kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ak yang berjumlah 38 orang, sedangkan sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X Ak yang berjumlah 38 orang (sampling jenuh). Instrumen penelitian dengan menggunakan angket yang berjumlah 15 item yang valid dan tes tertulis berbentuk uraian yang berjumlah 8 soal yang valid. Berdasarkan perhitungan persamaan regresi linier berganda diperoleh bahwa Y = 11,040 + 0,527 + 0,851 Ini menunjukkan bahwa setiap peningkatan persamaan regresi linier untuk Model Discovery Learning Dan Kemandirian, maka akan terjadi peningkatan sebesar 0,851. Uji signifikansi dengan uji t diperoleh hasil sebesar 3,654 dengan signifikan 0,001. Sedangkan dari hasil uji determinasi diperoleh hasil 45,3% sedangkan sisanya 54,7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang sangat signifikan antara Model Discovery Learning Dan Kemandirian terhadap hasil belajar siswa kelas X AK di SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak pada kompetensi dasar Menerapkan jurnal, konsep debet kredit, saldo normal, sistematika pencatatan dan bentuk jurnal Tahun Pelajaran 2017/2018 en_US
dc.subject Model Discovery Learning en_US
dc.subject Kemandirian en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Model Discovery Learning Dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMK Tarbiyah Islamiyan Hamparan Perak en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account