Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas X Ak di SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model discovery Learning dan kemandirian
pada siswa kelas X Ak di SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak pada
kompetensi dasar Menerapkan jurnal, konsep debet kredit, saldo normal,
sistematika pencatatan dan bentuk jurnal. Tahun Pelajaran 2017/2018 .
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak
yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan Simpang Beringin Kampung
Selemak kecamatan Hamparan Perak, kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ak yang berjumlah 38 orang,
sedangkan sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X Ak yang
berjumlah 38 orang (sampling jenuh). Instrumen penelitian dengan menggunakan
angket yang berjumlah 15 item yang valid dan tes tertulis berbentuk uraian yang
berjumlah 8 soal yang valid.
Berdasarkan perhitungan persamaan regresi linier berganda diperoleh
bahwa Y = 11,040 + 0,527 + 0,851 Ini menunjukkan bahwa setiap peningkatan
persamaan regresi linier untuk Model Discovery Learning Dan Kemandirian,
maka akan terjadi peningkatan sebesar 0,851. Uji signifikansi dengan uji t
diperoleh hasil sebesar 3,654 dengan signifikan 0,001. Sedangkan dari hasil uji
determinasi diperoleh hasil 45,3% sedangkan sisanya 54,7% dipengaruhi oleh
faktor lain diluar penelitian ini.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang sangat
signifikan antara Model Discovery Learning Dan Kemandirian terhadap hasil
belajar siswa kelas X AK di SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak pada
kompetensi dasar Menerapkan jurnal, konsep debet kredit, saldo normal,
sistematika pencatatan dan bentuk jurnal Tahun Pelajaran 2017/2018