dc.contributor.author | PUTRI, DWI OKTAVIA | |
dc.date.accessioned | 2024-10-09T03:51:02Z | |
dc.date.available | 2024-10-09T03:51:02Z | |
dc.date.issued | 2024-08-07 | |
dc.identifier.uri | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25345 | |
dc.description.abstract | Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi efektivitas layanan klasikal dengan teknik jigsaw dalam meningkatkan profil Pelajar Pancasila di MAN 3 Langkat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen diberikan layanan klasikal dengan teknik jigsaw, sementara kelompok kontrol tidak menerima intervensi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket profil Pelajar Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam profil Pelajar Pancasila pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini mengindikasikan bahwa teknik jigsaw efektif dalam meningkatkan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menyarankan implementasi teknik jigsaw secara lebih luas dalam proses pembelajaran di sekolah untuk membentuk karakter siswa yang lebih baik | en_US |
dc.subject | layanan klasikal | en_US |
dc.subject | teknik jigsaw | en_US |
dc.subject | profil Pelajar Pancasila | en_US |
dc.subject | kuasi eksperimen | en_US |
dc.subject | pendidikan karakter | en_US |
dc.title | EFEKTIVITAS LAYANAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI MAN 3 LANGKAT | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |