Abstract:
Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi efektivitas layanan
klasikal dengan teknik jigsaw dalam meningkatkan profil Pelajar Pancasila di MAN
3 Langkat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan
desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X
yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen
diberikan layanan klasikal dengan teknik jigsaw, sementara kelompok kontrol tidak
menerima intervensi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket
profil Pelajar Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan
signifikan dalam profil Pelajar Pancasila pada kelompok eksperimen dibandingkan
dengan kelompok kontrol. Temuan ini mengindikasikan bahwa teknik jigsaw
efektif dalam meningkatkan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Penelitian ini menyarankan implementasi teknik jigsaw secara lebih luas dalam
proses pembelajaran di sekolah untuk membentuk karakter siswa yang lebih baik