Research Repository

EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP 37 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author INGGRIT, SABRINA
dc.date.accessioned 2024-10-09T03:45:53Z
dc.date.available 2024-10-09T03:45:53Z
dc.date.issued 2024-08-07
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25342
dc.description.abstract Adapun tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan perbedaan skor dalam mengembangkan kemampuan Bernalar kritis belajar siswa pada kelompok Eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan Bimbingan Klasikal dengan menggunkan pendekatan Problem Based Learning. Lalu dengan kelompok Kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan Bimbingan Klasikal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen dan konrol. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIIIc dan Kelas VIIIe SMP 37 Medan. Dengan menggunakan angket kemampuan Bernalar Kritis Siswa dan menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji Kolmogorov Smirnov 2 Independent Sampels. Tentang hasil penelitian yang dilakukan terdapat: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan tentang kemampuan Bernalar Kritis belajar siswa pada kelompok eksperimen, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan Bimbingan Klasikal menggunakan pendekatan Problem Based Learning. 2) Terdapat perbadaan yang signifikan tentang kemampuan Bernalar Kritis belajar siswa pada kelompok Kontrol, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan Bimbingan Klasikal. 3) Terdapat perbedaan kemampuan bernalar kritis pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan Bimbingan Klasikal dengan pendekatan Problem Based Learning. Maka penerapan Bimbingan Klasikal dengan menggunkan metode Problem Based Learning berjalan dengan baik. en_US
dc.subject Bimbingan Klasikal en_US
dc.subject Kemampuan Bernalar Kritis belajar en_US
dc.subject Pendekatan Problem Based Learning en_US
dc.title EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP 37 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account