Abstract:
Adapun tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan perbedaan skor
dalam mengembangkan kemampuan Bernalar kritis belajar siswa pada kelompok
Eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan Bimbingan Klasikal
dengan menggunkan pendekatan Problem Based Learning. Lalu dengan kelompok
Kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan Bimbingan Klasikal. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen dan konrol.
Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIIIc dan Kelas VIIIe SMP 37
Medan. Dengan menggunakan angket kemampuan Bernalar Kritis Siswa dan
menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji Kolmogorov Smirnov 2
Independent Sampels. Tentang hasil penelitian yang dilakukan terdapat: 1)
Terdapat perbedaan yang signifikan tentang kemampuan Bernalar Kritis belajar
siswa pada kelompok eksperimen, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest)
dengan Bimbingan Klasikal menggunakan pendekatan Problem Based Learning.
2) Terdapat perbadaan yang signifikan tentang kemampuan Bernalar Kritis belajar
siswa pada kelompok Kontrol, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan
Bimbingan Klasikal. 3) Terdapat perbedaan kemampuan bernalar kritis pada
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan Bimbingan Klasikal
dengan pendekatan Problem Based Learning. Maka penerapan Bimbingan
Klasikal dengan menggunkan metode Problem Based Learning berjalan dengan
baik.