Abstract:
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan dalam kegiatan belajar siswa,
yaitu metode pembelajaran belum bervariasi karena masih didominasi dengan
metode ceramah yang berpusat pada guru sehingga menimbulkan rasa bosan atau
jenuh pada siswa dan tingkat berpikir kritis siswa selama kegiatan pembelajaran
IPA masih terhitung rendah terkhusus pada pembelajaran ciri-ciri makhluk hidup.
Rumusan masalah yang terdapat pada skripsi ini yaitu bagaimana pengaruh Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning terhadap
kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem
Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Pada penelitian
ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan
dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Adapun yang menjadi populasi
dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 064964
Medan yang berjumlah 30 orang Siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian
ini yaitu Lembar Soal Kemampuan Berpikir kritis Siswa yang berjumlah 15 soal
berbentuk pilihan berganda yang sudah diuji validitas. Berdasarkan hasil yang
diperoleh dikelas kontrol diperoleh hasil rata-rata sebesar 69,87 dan rata-rata di
kelas eksperimen sebesar 82,87 dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) Berbasis Problem Based Learning. Dilihat dari hasil output “Independent
Samples Test” diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,008 < 0,05. Jadi dapat
disimpulkan bahwa adanya pengaruh pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) Berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis
peserta didik.