Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/25336
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorVani, Fadila Sari-
dc.date.accessioned2024-10-09T03:11:51Z-
dc.date.available2024-10-09T03:11:51Z-
dc.date.issued2024-08-13-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25336-
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan dalam kegiatan belajar siswa, yaitu metode pembelajaran belum bervariasi karena masih didominasi dengan metode ceramah yang berpusat pada guru sehingga menimbulkan rasa bosan atau jenuh pada siswa dan tingkat berpikir kritis siswa selama kegiatan pembelajaran IPA masih terhitung rendah terkhusus pada pembelajaran ciri-ciri makhluk hidup. Rumusan masalah yang terdapat pada skripsi ini yaitu bagaimana pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Adapun yang menjadi populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 064964 Medan yang berjumlah 30 orang Siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu Lembar Soal Kemampuan Berpikir kritis Siswa yang berjumlah 15 soal berbentuk pilihan berganda yang sudah diuji validitas. Berdasarkan hasil yang diperoleh dikelas kontrol diperoleh hasil rata-rata sebesar 69,87 dan rata-rata di kelas eksperimen sebesar 82,87 dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning. Dilihat dari hasil output “Independent Samples Test” diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,008 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.en_US
dc.subjectLembar Kerja Peserta Didik (LKPD)en_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectBerpikir Kritisen_US
dc.titlePENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 064964 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_VANI FADILA SARI_2002090121.pdfFull text10.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.