Abstract:
Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: “Apakah dengan
menerapkan Metode Diskusi Buzz Group ( Kelompok kecil ) dengan
menggunakan Booklet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X AK
SMK Swasta Bandung 1 T.P 2016/2017?”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada peningkatan hasil belajar
akuntansi siswa kelas X AK SMK Swasta Bandung 1 dengan menerapkan Metode
Diskusi Buzz Group (kelompok kecil) dengan menggunakan Booklet
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes adalah
alat atau prosedur yang digunakan dalam rangka pengukuran atau dan penilaian.
Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang diberikan kepada
siswa yang berisi 10 soal berbentu essay test. Observasi yang dilakukan adalah
observasi aktivitas siswa yang digunakan untuk mengumpulkan data siswa dalam
proses belajar mengajar.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui tes dan observasi dapat
dilihat bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada tes awal (pre test)
persentase siswa yang tuntas 37,5%, kemudian setelah dilakukan post test siklus I
persentase ketuntasan naik menjadi 53% dan pada siklus ke II mengalami
peningkatan menjadi 84%. Dengan demikian hipotesis penelitian yaitu “Adanya
peningkatan hasil belajar akuntansi Siswa Kelas X AK SMK Swasta Bandung 1
T.P 2016/2017dengan diterapkannya Metode Diskusi Buzz Group ( Kelompok
kecil ) dengan menggunakan Booklet diterima”.