Research Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Classroom reading Program terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN 106154 Kota Rantang

Show simple item record

dc.contributor.author Anjani, Sri
dc.date.accessioned 2024-10-07T09:32:29Z
dc.date.available 2024-10-07T09:32:29Z
dc.date.issued 2024-09-10
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25308
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis karangan narasi siswa dengan menerapkan metode classroom reading program di kelas V SDN 106154 Kota Rantang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar tes tertulis yang digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan metode classroom reading program terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa. Dari hasil penelitian terdapat peningkatan yang signifikan dari keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V setelah penggunaan metode classroom reading program. Sebelum penggunaan metode classroom reading program rata-rata kemampuan membaca permulaan siswa sebesar 57.14. Setelah intervensi, terjadi peningkatan substansial dengan rata-rata (mean) 79.65. Peningkatan rata-rata sebesar 22.51 poin ini menggambarkan efektivitas metode pembelajaran yang diterapkan dalam keterampilan menulis karangan narasi. Hal ini dibuktikan nilai signifikansi (Sig. (2-tailed)) yang dihasilkan 0.000. Nilai ini jauh lebih kecil dari ambang batas signifikansi yang umumnya digunakan sebesar (0.05). Dengan demikian, hasil uji t-test ini menolak hipotesis nol (H0) yang menyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan dalam keterampilan menulis karangan narasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode classroom reading program, dan menerima hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan adanya perbedaan signifikan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Classroom Reading Program en_US
dc.subject Keterampilan Menulis Karangan Narasi en_US
dc.subject Metode en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Metode Classroom reading Program terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN 106154 Kota Rantang en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account