Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis karangan narasi
siswa dengan menerapkan metode classroom reading program di kelas V SDN
106154 Kota Rantang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian adalah lembar tes tertulis yang digunakan untuk
memperoleh data yang berkaitan dengan keterampilan menulis karangan narasi
siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji hipotesis untuk
mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan metode classroom reading
program terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa. Dari hasil
penelitian terdapat peningkatan yang signifikan dari keterampilan menulis
karangan narasi siswa kelas V setelah penggunaan metode classroom reading
program. Sebelum penggunaan metode classroom reading program rata-rata
kemampuan membaca permulaan siswa sebesar 57.14. Setelah intervensi, terjadi
peningkatan substansial dengan rata-rata (mean) 79.65. Peningkatan rata-rata
sebesar 22.51 poin ini menggambarkan efektivitas metode pembelajaran yang
diterapkan dalam keterampilan menulis karangan narasi. Hal ini dibuktikan nilai
signifikansi (Sig. (2-tailed)) yang dihasilkan 0.000. Nilai ini jauh lebih kecil dari
ambang batas signifikansi yang umumnya digunakan sebesar (0.05). Dengan
demikian, hasil uji t-test ini menolak hipotesis nol (H0) yang menyatakan tidak
ada perbedaan yang signifikan dalam keterampilan menulis karangan narasi siswa
sebelum dan sesudah menggunakan metode classroom reading program, dan
menerima hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan adanya perbedaan signifikan.