Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/25308
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAnjani, Sri-
dc.date.accessioned2024-10-07T09:32:29Z-
dc.date.available2024-10-07T09:32:29Z-
dc.date.issued2024-09-10-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25308-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis karangan narasi siswa dengan menerapkan metode classroom reading program di kelas V SDN 106154 Kota Rantang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar tes tertulis yang digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan metode classroom reading program terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa. Dari hasil penelitian terdapat peningkatan yang signifikan dari keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V setelah penggunaan metode classroom reading program. Sebelum penggunaan metode classroom reading program rata-rata kemampuan membaca permulaan siswa sebesar 57.14. Setelah intervensi, terjadi peningkatan substansial dengan rata-rata (mean) 79.65. Peningkatan rata-rata sebesar 22.51 poin ini menggambarkan efektivitas metode pembelajaran yang diterapkan dalam keterampilan menulis karangan narasi. Hal ini dibuktikan nilai signifikansi (Sig. (2-tailed)) yang dihasilkan 0.000. Nilai ini jauh lebih kecil dari ambang batas signifikansi yang umumnya digunakan sebesar (0.05). Dengan demikian, hasil uji t-test ini menolak hipotesis nol (H0) yang menyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan dalam keterampilan menulis karangan narasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode classroom reading program, dan menerima hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan adanya perbedaan signifikan.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectClassroom Reading Programen_US
dc.subjectKeterampilan Menulis Karangan Narasien_US
dc.subjectMetodeen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Metode Classroom reading Program terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN 106154 Kota Rantangen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SELESAI (2).pdf5.91 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.