Research Repository

PENGARUH METODE GUIDE READING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 106154 KOTA RANTANG

Show simple item record

dc.contributor.author PRATIWI
dc.date.accessioned 2024-10-02T02:21:23Z
dc.date.available 2024-10-02T02:21:23Z
dc.date.issued 2024-08-07
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25291
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan membaca peserta didik kelas IV, hal ini terjadi karena proses pembelajaran membaca yang di lakukan di dalam kelas kurang efektif, hal ini dapat dilihat dari nilai yang diperoleh peserta didik pada ujian MID Semester dimana masih terdapat banyak siswa yang mendapatkan nilai rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran guide reading terhadap kemampuan membaca peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasinya adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 106154 Kota Rantang yang terdiri dari dua kelas. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Variabel bebas penelitian ini adalah metode pembelajaran Guide Reading sedangkan untuk variabel terikat adalah kemampuan membaca peserta didik. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Independent Sample T Test yang didahului dengan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menggunakan uji hipotesis yang mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000. dimana 0.000 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Sehingga dari penelitian yang dilakukan peneliti menarik kesimpulan bahwa terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran Guide Reading terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SD Negeri 106154 Kota Rantang. en_US
dc.subject Model Guide Reading en_US
dc.subject Kemampuan Membaca en_US
dc.subject Peserta Didik en_US
dc.title PENGARUH METODE GUIDE READING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 106154 KOTA RANTANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account