Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/25291
Title: | PENGARUH METODE GUIDE READING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 106154 KOTA RANTANG |
Authors: | PRATIWI |
Keywords: | Model Guide Reading;Kemampuan Membaca;Peserta Didik |
Issue Date: | 7-Aug-2024 |
Abstract: | Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan membaca peserta didik kelas IV, hal ini terjadi karena proses pembelajaran membaca yang di lakukan di dalam kelas kurang efektif, hal ini dapat dilihat dari nilai yang diperoleh peserta didik pada ujian MID Semester dimana masih terdapat banyak siswa yang mendapatkan nilai rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran guide reading terhadap kemampuan membaca peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasinya adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 106154 Kota Rantang yang terdiri dari dua kelas. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Variabel bebas penelitian ini adalah metode pembelajaran Guide Reading sedangkan untuk variabel terikat adalah kemampuan membaca peserta didik. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Independent Sample T Test yang didahului dengan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menggunakan uji hipotesis yang mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000. dimana 0.000 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Sehingga dari penelitian yang dilakukan peneliti menarik kesimpulan bahwa terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran Guide Reading terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SD Negeri 106154 Kota Rantang. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25291 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Proposal Penelitian_PRATIWI 1-3.pdf | Full text | 4.04 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.