Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 07 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author SURYA, NITA
dc.date.accessioned 2024-09-30T04:15:28Z
dc.date.available 2024-09-30T04:15:28Z
dc.date.issued 2024-09-10
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25249
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta mendapatkan pengaruh dari model pembelajaran scramble pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 07 Medan dalam pembelajaran IPA materi Daur hidup pada hewan (metamorfosis) . Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 07 Medan yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penenlitian ini adalah tes soal esai . Teknik analisis data yang digunakan adalah menghitung nilai rata-rata kelas, data validasi, reliabilitas, normalitas,dan hipotesis. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran scramble berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Muhammadiyah 07 Medan. Diketahui rata-rata sebelum di berikan model pembelajaran sebesar 51,92 dan didapatkan hasil data setelah pemberian model pembelajaran scramble sebesar 76,12. Pengambilan uji t-test, dapat di lakukan melalui pendekatan probabilitas, signifikan yang digunakan α=0,05. Bedasarkan hasil uji t-test, diketahu nilai probabilitas atau Sig(2-tailed) sebesar 0,000, nilai probabilitas ini lebih kecil di bandingkan tingkat signifikan si 0,05. Hal ini berarti H0 di tolak sehingga terjadi perbedaan yang signifkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Scramble dapat memepengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa. en_US
dc.subject Model pembelajaran Scramble terhadap kemampuan berpikir kritis siswa en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 07 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account