Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/25249
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 07 MEDAN
Authors: SURYA, NITA
Keywords: Model pembelajaran Scramble terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
Issue Date: 10-Sep-2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta mendapatkan pengaruh dari model pembelajaran scramble pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 07 Medan dalam pembelajaran IPA materi Daur hidup pada hewan (metamorfosis) . Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 07 Medan yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penenlitian ini adalah tes soal esai . Teknik analisis data yang digunakan adalah menghitung nilai rata-rata kelas, data validasi, reliabilitas, normalitas,dan hipotesis. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran scramble berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Muhammadiyah 07 Medan. Diketahui rata-rata sebelum di berikan model pembelajaran sebesar 51,92 dan didapatkan hasil data setelah pemberian model pembelajaran scramble sebesar 76,12. Pengambilan uji t-test, dapat di lakukan melalui pendekatan probabilitas, signifikan yang digunakan α=0,05. Bedasarkan hasil uji t-test, diketahu nilai probabilitas atau Sig(2-tailed) sebesar 0,000, nilai probabilitas ini lebih kecil di bandingkan tingkat signifikan si 0,05. Hal ini berarti H0 di tolak sehingga terjadi perbedaan yang signifkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Scramble dapat memepengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25249
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SURYANITA - (2002090032).pdfFull text2.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.