Research Repository

ANALISIS PENGARUH GERAK PUTARAN BALIK (U-TURN) TERHADAP KINERJA LALU LINTAS DI RUAS JALAN RING ROAD GAGAK HITAM MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author RIA, IRAWAN
dc.date.accessioned 2024-09-30T03:03:03Z
dc.date.available 2024-09-30T03:03:03Z
dc.date.issued 2024-08-01
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25240
dc.description.abstract U-turn adalah fasilitas berupa bukaan median yang dapat digunakan oleh kendaraan untuk melakukan putar balik arah. Namun dengan adanya U-turn, kecepatan kendaraan dari arah yang sama maupun yang berlawanan akan melambat bahkan berhenti sehingga mengakibatkan perubahan arus lalu lintas. Dalam perencanaan median disediakan pula bukaan median yang memungkinkan kendaraan merubah arah perjalanan berupa gerakan putar balik arah atau diistilahkan sebagai gerakan u–turn. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kinerja U-turn serta tingkat pelayanan jalan yang dilengkapi dengan fasilitas U-Turn, menganalisa waktu tempuh rata-rata kendaraan yang melakukan U-Turn, kecepatan kendaraan saat melakukan U-Turn dan panjang antrian yang melakukan aktifitas U-Turn. Untuk mendapatkan tujuan tersebut digunakan metode PKJI 2014. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa waktu tempuh rata-rata kendaraan yang terbesar saat melakukan u-turn 22,27 detik dengan kecepatan kendaraan sebesar 8,33 km/jam, dengan antrian saat melakukan u-turn sepanjang 34 meter. Dengan tingkat pelayanan C. en_US
dc.subject U-turn en_US
dc.subject waktu tempuh en_US
dc.subject kecepatan en_US
dc.subject antrian en_US
dc.subject dan tingkat pelayanan jalan en_US
dc.title ANALISIS PENGARUH GERAK PUTARAN BALIK (U-TURN) TERHADAP KINERJA LALU LINTAS DI RUAS JALAN RING ROAD GAGAK HITAM MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account