Abstract:
U-turn adalah fasilitas berupa bukaan median yang dapat digunakan oleh kendaraan
untuk melakukan putar balik arah. Namun dengan adanya U-turn, kecepatan
kendaraan dari arah yang sama maupun yang berlawanan akan melambat bahkan
berhenti sehingga mengakibatkan perubahan arus lalu lintas. Dalam perencanaan
median disediakan pula bukaan median yang memungkinkan kendaraan merubah
arah perjalanan berupa gerakan putar balik arah atau diistilahkan sebagai gerakan
u–turn. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kinerja U-turn serta tingkat
pelayanan jalan yang dilengkapi dengan fasilitas U-Turn, menganalisa waktu
tempuh rata-rata kendaraan yang melakukan U-Turn, kecepatan kendaraan saat
melakukan U-Turn dan panjang antrian yang melakukan aktifitas U-Turn. Untuk
mendapatkan tujuan tersebut digunakan metode PKJI 2014. Dari hasil penelitian
tersebut didapatkan bahwa waktu tempuh rata-rata kendaraan yang terbesar saat
melakukan u-turn 22,27 detik dengan kecepatan kendaraan sebesar 8,33 km/jam,
dengan antrian saat melakukan u-turn sepanjang 34 meter. Dengan tingkat
pelayanan C.