Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas
XI AK 2 SMK Swasta YPK Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh metode pembelajaran teman sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas
XI AK 2 pada mata pelajaran akuntansi di SMK Swasta YPK Medan Tahun
Pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK
SMK Swasta YPK Medan yang berjumlah 78 orang. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah purposive sampling sehingga ditetapkan sampel yang
digunakan adalah kelas XI AK 2 yang berjumlah 38 orang sebagai sampel
penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk
uraian yang berjumlah 5 item yang terlebih dahulu diuji validitas dan
reabilitasnya.
Dari hasil data pre-test diperoleh mean 54,55 dan standar deviasi 11,947.
Sedangkan untuk data post-test mean 80,84 dan standar deviasi 12,345. Penelitian
ini menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas data hasil belajar.
Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan dk = N-2
pada ɑ = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 69,805
> 1,8 , yang artinya Ho diterima dan Ha ditolak.
Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran teman sebaya
terhadap hasil belajar siswa kelas XI AK 2 pada mata pelajaran akuntansi di SMK
Swasta YPK Medan Tahun Pelajaran 2016/2017