Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Siswa Kelas XI SMK Swasta Harapan Stabat

Show simple item record

dc.contributor.author Diana, Tri
dc.date.accessioned 2020-03-12T01:39:58Z
dc.date.available 2020-03-12T01:39:58Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2519
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi siswa. Dan Untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dengan menggunakan Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) di SMK SWASTA HARAPAN Stabat T.P 2016/2017. Adapun yang menjadi subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X AK 1 SMK SWASTA HARAPAN Stabat yang berjumlah 32 orang siswa.Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes . Tes adalah alat atau prosedur yang dipergunakan dalam rangka pengukuran atau penilaian. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang diberikan kepada siswa yang berisi 10 soal berbentuk essay tes. Angket yang diberikan berisikan pernyataan yang menggambarkan kebiasaan siswa tersebut. Sebelum melakukan penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) motivasi belajar siswa sebesar sebesar 19,97 mengalami peningkatan setelah dilakukannya penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) menjadi 29,16. Hasil motivasi belajar mengalami peningkatan sebesar 9,19. Penelitian ini menggunakan Uji F untuk mengetahui homogenitas data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis harga thitung = 16,42371 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = n– 2 = 32 – 2 = 30, maka diperoleh ttabel = 2,042. berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis maka diperoleh thitung > ttabel (16,42371 > 2,042) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Sebelum melakukan penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) prestasi belajar siswa sebesar sebesar 74,69 mengalami peningkatan setelah dilakukannya penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) menjadi 86,88. Hasil prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 12,19. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis harga thitung = 13,1913 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = n– 2 = 32 – 2 = 30, maka diperoleh ttabel = 2,042. berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis maka diperoleh thitung > ttabel (13,1913 > 2,042) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar dan prestasi siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT di SMK SWASTA HARAPAN Stabat T.P 2016/2017. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.subject Prestasi Siswa en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Siswa Kelas XI SMK Swasta Harapan Stabat en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account