Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran
Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar
akuntansi siswa. Dan Untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar akuntansi siswa
dengan menggunakan Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) di SMK
SWASTA HARAPAN Stabat T.P 2016/2017. Adapun yang menjadi subjek dari penelitian ini
adalah siswa kelas X AK 1 SMK SWASTA HARAPAN Stabat yang berjumlah 32 orang
siswa.Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes . Tes adalah alat atau prosedur
yang dipergunakan dalam rangka pengukuran atau penilaian. Tes yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes tertulis yang diberikan kepada siswa yang berisi 10 soal berbentuk essay
tes. Angket yang diberikan berisikan pernyataan yang menggambarkan kebiasaan siswa tersebut.
Sebelum melakukan penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) motivasi
belajar siswa sebesar sebesar 19,97 mengalami peningkatan setelah dilakukannya penerapan
Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) menjadi 29,16. Hasil motivasi belajar
mengalami peningkatan sebesar 9,19. Penelitian ini menggunakan Uji F untuk mengetahui
homogenitas data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t Berdasarkan hasil
perhitungan uji hipotesis harga thitung = 16,42371 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = n– 2 =
32 – 2 = 30, maka diperoleh ttabel = 2,042. berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis maka
diperoleh thitung > ttabel (16,42371 > 2,042) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Sebelum
melakukan penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) prestasi belajar
siswa sebesar sebesar 74,69 mengalami peningkatan setelah dilakukannya penerapan Model
Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) menjadi 86,88. Hasil prestasi belajar mengalami
peningkatan sebesar 12,19. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t
Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis harga thitung = 13,1913 pada taraf signifikan α = 0,05
dan dk = n– 2 = 32 – 2 = 30, maka diperoleh ttabel = 2,042. berdasarkan hasil perhitungan uji
hipotesis maka diperoleh thitung > ttabel (13,1913 > 2,042) yang artinya Ha diterima dan Ho
ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar dan
prestasi siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT di
SMK SWASTA HARAPAN Stabat T.P 2016/2017.