Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran akuntansi menggunakan
model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dengan media
monopoli dapat meningkatkan hasil belajar pada Siswa SMK PAB 3 Medan
Estate Tahun Pembelajaran 2016/2017 pada materi aktiva tetap.
Subjek penelitian ini adalah siswa SMK PAB 3 Medan Estate Tahun
Pembelajaran 2016/201 7yang berjumlah 1 kelas sebanyak 28 orang. Instrument
penelitian yang digunakan adalah tes dan lembar observasi.
Adapun hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif
Teams Games Tournament (TGT) untuk siklus I siswa yang tuntas berjumlah 16
siswa (57,14%) dan yang tidak tuntas berjumlah 12 siswa (42,86%), sedangkan
untuk hasil belajar pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 25 siswa (82,14%)
dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 5 siswa (17,86%). Hasil lembar observasi
siklus I aktivitas siswa rata-rata 10,46, nilai maksimum sebesar 14 dan nilai
minimum sebesar 7, sedangkan lembar observasi siklus II aktivitas siswa rata-rata
14,93 nilai maksimum sebesar 19 dan nilai minimum sebesar 12.
Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa telah
meningkat dan berhasil.