Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/25163
Title: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKPOSISI KELAS VIII DI SMP NEGERI 37 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Authors: PINASTI, HAYUNING TYAS
Keywords: Media Interaktif Canva;Keterampilan Menulis Teks Eksposisi
Issue Date: 27-Aug-2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan Media Interaktif Berbasis Canva terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi oleh siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan dengan jumlah 187 siswa. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa dikelas eksperimen dan 30 siswa di kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan media Canva, sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan media melainkan pembelajaran konvesional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yaitu menulis teks eksposisi sesuai tema, menentukan struktur dan menganalisa kaidah kebahasaan pada teks eksposisi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan media Canva memperoleh nilai rata-rata 78,33 dengan kategori baik, sementara siswa yang tidak menggunakan media Canva memperoleh nilai rata-rata 52,43 termasuk ke dalam kategori kurang. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui uji hipotesis uji-t diterima bahwa thitung>ttabel yaitu 12,27>1,76. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signiifikan penggunaan media Canva terhadap keterampilan menulis teks eksposisi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25163
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_Pinasti Hayuning Tyas_.pdfFull text6.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.