Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa
kelas X Ak SMK Negeri 7nMedan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh metode Brain Storming berbantu media amplop misteri terhadap hasil
belajar siswa kelas X Ak SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang beralamat di Jln
STM No. 12-E Medan No.Telephon 061- 7862938. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 37 orang siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah seluruh
siswa kelas X SMK Negeri 7 Medan yang berjumlah 37 orang (Purposep
Sampling), instrument penelitian dengan menggunakan observasi dan tes tertulis
berbentuk subjetif tes (essay). Observasi yang digunakan sebagai data penelitian
berjumlah 20 item dan tes sebanyak 10 transaksi yang terlebih dahulu diuji
validitas dan reliabilitasnya.
Dari hasil analisis data Observasi diperoleh mean 71,51dan standart deviasi
4,54 sedangkan data tes diperoleh mean 86,48 dan standart deviasi 5,87.
Penelitian ini menggunakan uji penelitian tindakan kelas untuk mengetahui
normalitas data hasil belajar siklus I . Pengujian hipotesis dilakukan dengan hasil
belajar siklus II data tunggal atau one sampel dk = N – 2 = 37 – 2 =35, pada α =
0,05. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis maka diperoleh thitung > ttabel
(5,823>1,689). Artinya Siklus I dan Siklus II diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat penerapan strategi
Index Card Match terhadap aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada
indikator pencatatan transaksi kedalam jurnal umum siswa kelas X SMK Negeri 7
Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017