Abstract:
Penggunaan media pembelajaran yang digunakan adalah media pembelajaran Video
Edukasi. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
mediaVideo Edukasi terhadap Hasil belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi siswa
Kelas X Akuntansi SMK BM Sinar Husni Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi siswa kelas X SMK BM Sinar
Husni Medanyang berjumlah 56 orang. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini
adalah sampling purposive.Dengan menggunakan media pembelajaranVideo Edukasi.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Test Tertulis yang berbentuk
essayyang terdiri dari 10 Soal yang telah dinyatakan valid dan reliable. Dari hasil
analisis data post test diperoleh nilai X AK 1 Rata-rata 78,16 dan standar Deviasi
10,04 dan nilai post test X AK 2 memperoleh rata β rata 91,73 dan standar deviasi
5,82. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (12,78>1,67) yang
artinya Ho ditolak dan Ha diterima, Hal ini membuktikan berarti ada pengaruh media
pembelajaran Video Edukasi terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi
siswa Kelas X Akuntansi SMK BM Sinar Husni Medan Tahun Ajaran 2016/2017.