Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa dengan
menerapkan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Numbered
Head Together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi laporan
keuangan tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Bandung yang beralamat Jalan Pengabdian
Bandar Setia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri
dari dua siklus dan subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS yang berjumlah 30 orang siswa dan
objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams
Achievement Divisions dan Numbered Head Together untuk meningkatkan motivasi dan hasil
belajar siswa. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengukur motivasi siswa dan tes
hasil belajar berbentuk essay tes.
Dari hasil angket menunjukkan bahwamotivasi belajar siswa mengalami peningkatan,
yaitu pada siklus I motivasi belajarsiswa hanya mencapai 26,66% dari seluruh jumlah siswa di
kelas XI IPS kemudian pada siklus II menjadi 93,33% . sedangkan pada post test siklus I nilai
siswa menjadi 46,66%. Kemudian pada post test siklus II nilai siswa menjadi 93,33%.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams
Achievement Divisions dan Numbered Head Together untuk meningkatkan motivasi dan hasil
belajar akuntansi pada materi laporan keuangan Tahun Ajaran 2016/2017. Hal ini berarti bahwa
penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dan Numbered
Head Together dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Kata kunci : Kolaborasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dan
Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar