Abstract:
TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhmetodeEnquiry Learningberbantu
media teka-tekisilangterhadaphasilbelajarsiswakelas X Ak SMK Ar-Rahman Medan
TahunPembelajaran 2016/2017padamateridokumentransaksi.
Penelitianinidilaksanakan di SMK Ar-Rahman Medan yang beralamat di Jl.
BrigjendH.AManaf
No58 Medan
No.Telephon
061-
77832320.
Populasidalampenelitianiniberjumlah 37 orang
siswa,
sedangkansampel yang
digunakanadalahseluruhsiswakelas X SMK Ar-Rahman Medan yang berjumlah 37 orang (total
sampling), instrument penelitiandenganmenggunakantestertulisberbentukobjetiftes . Dari
hasilanalisis datasoalpretest standartdeviasi 11,37 dan data soalpost teststandartdeviasi 26,32.
Penelitianinimenggunakanujililieforsuntukmengetahuinormalitas data hasilbelajardanuji F
untukmengetahuihomogenitas data. Pengujianhipotesisdilakukandenganuji t data tunggalatau one
sampeldk = N – 1 = 37 –
1 =36, pada α =
0,05.
Berdasarkanhasilperhitunganujihipotesismakadiperolehthitung>ttabel(6,75>1,68957). Artinya Ha
diterima H0ditolak.
DengandemikiandapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruhmetodeEnquiry
Learningberbantu
media
teka-
tekisilangterhadaphasilbelajarakuntansisiswapadaindikatordokumentransaksisiswakelas X SMK
Ar-Rahman Medan TahunPembelajaran 2016/2017.