Research Repository

ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA DI KELAS II SD SWASTA AL FAJAR MEDAN MARELAN

Show simple item record

dc.contributor.author KHODIJAH
dc.date.accessioned 2024-09-10T01:54:03Z
dc.date.available 2024-09-10T01:54:03Z
dc.date.issued 2024-08-27
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25040
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini adalah adanya temuan masalah dalam kegiatan membaca permulaan siswa di kelas II SD Swasta Al Fajar Medan Marelan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tingkat kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SD Swasta Al Fajar Medan Marelan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe studi kasus (case study). Subjek penelitian yang digunakan berjumlah 25 siswa dari kelas II-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik observasi dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data model Miles and Huberman dengan 3 tahap yaitu Data Reduction, Data Display, dan Conclusion Drawing/Verification. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa terdapat 10 siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan dengan karakteristik permasalahan berupa kesulitan menyebutkan bunyi huruf, sulit membaca kata dan mengartikan kata, sulit membaca kalimat sederhana dengan menggunakan tanda baca, dan kurang sesuainya pelafalan dan intonasi yang digunakan saat membaca. Kesulitan siswa dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal berupa kurangnya minat dan motivasi siswa dalam membaca, dan kondisi jasmani siswa yang mengalami gangguan bicara (cadel). Sedangkan faktor eksternal dipengaruhi oleh kurangnya perhatian orang tua, kurangnya peran guru, dan kurangnya sarana prasarana yang ada di lingkungan kelas en_US
dc.subject Kemampuan en_US
dc.subject Membaca Permulaan en_US
dc.subject Kelas II en_US
dc.title ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA DI KELAS II SD SWASTA AL FAJAR MEDAN MARELAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account