Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/25040
Title: | ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA DI KELAS II SD SWASTA AL FAJAR MEDAN MARELAN |
Authors: | KHODIJAH |
Keywords: | Kemampuan;Membaca Permulaan;Kelas II |
Issue Date: | 27-Aug-2024 |
Abstract: | Latar belakang penelitian ini adalah adanya temuan masalah dalam kegiatan membaca permulaan siswa di kelas II SD Swasta Al Fajar Medan Marelan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tingkat kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SD Swasta Al Fajar Medan Marelan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe studi kasus (case study). Subjek penelitian yang digunakan berjumlah 25 siswa dari kelas II-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik observasi dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data model Miles and Huberman dengan 3 tahap yaitu Data Reduction, Data Display, dan Conclusion Drawing/Verification. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa terdapat 10 siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan dengan karakteristik permasalahan berupa kesulitan menyebutkan bunyi huruf, sulit membaca kata dan mengartikan kata, sulit membaca kalimat sederhana dengan menggunakan tanda baca, dan kurang sesuainya pelafalan dan intonasi yang digunakan saat membaca. Kesulitan siswa dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal berupa kurangnya minat dan motivasi siswa dalam membaca, dan kondisi jasmani siswa yang mengalami gangguan bicara (cadel). Sedangkan faktor eksternal dipengaruhi oleh kurangnya perhatian orang tua, kurangnya peran guru, dan kurangnya sarana prasarana yang ada di lingkungan kelas |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25040 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI KHODIJAH.pdf | 4.58 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.