Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah adanya temuan masalah dalam kegiatan
membaca permulaan siswa di kelas II SD Swasta Al Fajar Medan Marelan. Tujuan
penelitian ini untuk menganalisis tingkat kemampuan membaca permulaan pada
siswa kelas II SD Swasta Al Fajar Medan Marelan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe studi kasus (case study). Subjek
penelitian yang digunakan berjumlah 25 siswa dari kelas II-A. Teknik pengumpulan
data yang digunakan berupa teknik observasi dan dokumentasi dengan
menggunakan instrumen lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang
digunakan adalah analisis data model Miles and Huberman dengan 3 tahap yaitu
Data Reduction, Data Display, dan Conclusion Drawing/Verification. Hasil
penelitiannya menunjukkan bahwa terdapat 10 siswa yang mengalami kesulitan
membaca permulaan dengan karakteristik permasalahan berupa kesulitan
menyebutkan bunyi huruf, sulit membaca kata dan mengartikan kata, sulit
membaca kalimat sederhana dengan menggunakan tanda baca, dan kurang
sesuainya pelafalan dan intonasi yang digunakan saat membaca. Kesulitan siswa
dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal berupa kurangnya minat dan
motivasi siswa dalam membaca, dan kondisi jasmani siswa yang mengalami
gangguan bicara (cadel). Sedangkan faktor eksternal dipengaruhi oleh kurangnya
perhatian orang tua, kurangnya peran guru, dan kurangnya sarana prasarana yang
ada di lingkungan kelas