Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakan ada pengaruh
strstegi pembelajaran Question Student Have dangan Menggunakan Media Index
Card terhadap hasil belajar siswa.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XII IPS SMA Swasta Dharmawangsa yang berjumlah 129 orang. Dan
yang menjadi sampel adalah kelas X IPS 4 SMA Swasta Dharmawangsa yang
berjumlah 30. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen dan desain
yang digunakan adalah Pre-Eksperimental design dengan bentuk one group
pretest-posttest only design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
tes hasil belajar pretest dan posttest dalam bentuk essay dengan 5 soal yang telah
di uji validitas dan reliabilitasnya. Dari penelitian ini diperoleh rata-rata hasil
belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Question Student Have
dangan Menggunakan Media Index Card sebesar 72,13 sedangkan setelah
menggunakan strstegi pembelajaran Question Student Have dangan
Menggunakan Media Index Card menjadi 88,27. Penelitian ini menggunakan uji
Liliefors untuk mengetahui Normalitas data hasil belajar, dan menggunakan uji F
untuk mengetahui Homogenitas data. Pengujian hipotesis penelitian ini dilakukan
dengan menggunakn uji “t” dua pihak dengan dk = N-1 pada α=0,05. Dari data
diperoleh > yaitu 7,868>1,678). Dari hasil perhitungan
menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan begitu dapat diambil
kesimpulan bahwa ada Pengaruh strategi Pembelajaran Question Student Have
dangan Menggunakan Media Index Card terhadap hasil belajar Akuntansi Siswa
Kelas XII SMA Swasta Dharmawangsa Tahun Pembelajaran 2016/2017.