Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI
IPS MAS Al-Washliyah 22 Tembung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran Pair Check terhadap hasil belajar akuntansi siswa
pada kompetensi dasar mencatat transaksi / dokumen ke dalam jurnal umum.
Siswa kelas XI IPS MAS Al-Washliyah 22 Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 89 orang. Tehnik pengambilan
sampel yang digunakan adalah Pusposive Sampling sehingga ditetapkan sampel
yang digunakan adalah kelas XI IPS yang berjumlah 44 orang sebagai sampel
penelitian. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk
lembar kerja siswa yang terdiri dari pre test 10 item dan 10 item post test yang
terlebih dahulu diuji validitas dan reabilitasnya.
Dari hasil analisis data pre test diperoleh nilai rata-rata 74,09, dan standar
deviasi 6,40. Sedangkan untuk data post test nilai rata-rata 84,09 dan standar
deviasi 8,58 dalam pengujian hipotesis menunjukkan thitung 10,881 dan bila
dikonsultasikan dengan nilai tabel “t” pada taraf signifikan 0,05, dengan db = N –
1 = 43 maka ttabel = 1,681. Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel
diperoleh (10,881>1,681), sehingga Ha ditolak dan Ho diterima, sehingga
kesimpulannya adalah “ada pengaruh Model Pembelajaran Pair Check Terhadap
Hasil Belajar Akuntansi Siswa kelas XI IPS MAS Al-Washliyah 22 Tembung”.