Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/24915
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMuhammad, Ependi Tanjung-
dc.date.accessioned2024-08-26T08:33:42Z-
dc.date.available2024-08-26T08:33:42Z-
dc.date.issued2024-08-15-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24915-
dc.description.abstractKasus sengketa konsumen di Indonesia mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Peningkatan kasus serupa juga terjadi di Kota Medan, dengan lonjakan sebesar 43% pada tahun 2021. Kondisi ini mensyaratkan pentingnya peningkatan peran lembaga peradilan dan stakeholder terkait dalam menangani sengketa konsumen. Namun, pengadilan dinilai belum efektif sebagai forum penyelesaian sengketa konsumen, mendorong perlunya penguatan penyelesaian sengketa melalui mediasi oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yuridis empiris. Penelitian dilakukan dengan mengkaji bahan hukum dan melakukan observasi serta wawancara untuk mendapatkan data lapangan. Tujuannya adalah menemukan kesenjangan atau korelasi antara aturan hukum dengan praktik pelaksanaannya di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelesaian sengketa konsumen melalui mediasi di BPSK Kota Medan dilakukan secara terstruktur dan sistematis, dengan tahapan pra-mediasi, mediasi, dan pasca-mediasi. Efektivitas mediasi cenderung tinggi dengan rata-rata tingkat keberhasilan mencapai 80%, dipengaruhi oleh kompetensi mediator, itikad baik para pihak, dan kompleksitas sengketa. BPSK Kota Medan berperan penting dalam memberikan perlindungan hukum bagi konsumen melalui upaya preventif dan represif. Namun, terdapat kendala seperti ketidakhadiran pelaku usaha dan ketidakseimbangan posisi tawar. Evaluasi kinerja BPSK menunjukkan tingkat kepuasan yang cukup tinggi, dengan rekomendasi peningkatan kompetensi mediator dan penguatan koordinasi dengan instansi atau lembaga terkait.en_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectPenyelesaian Sangketaen_US
dc.subjectMediasien_US
dc.subjectBPSKen_US
dc.titleEFEKTIVITAS MEKANISME PENYELESAIAN SANGKETA KONSUMEN SECARA MEDIASI MELALUI BADAN PENYELESAIAN SANGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Legal Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi ependi tanjung.pdf2.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.