Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATI SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SDS TAMAN SISWA BELAWAN

Show simple item record

dc.contributor.author NURDAHLIA
dc.date.accessioned 2024-08-26T07:54:56Z
dc.date.available 2024-08-26T07:54:56Z
dc.date.issued 2024-08-13
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24913
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa dengan menerapkan model pembelajaran scramble berbantuan media puzzle pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SDS Taman Siswa Belawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi yang digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan kemampuan membaca permulaan siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan model pembelajaran scramble berbantuan media puzzle terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. Dari hasil penelitian terdapat peningkatan yang signifikan dari kemampuan membaca permulaan siswa kelas III setelah penerapan model pembelajaran scramble berbantuan media puzzle. Sebelum penerapan model pembelajaran scramble berbantuan media puzzle rata-rata kemampuan membaca permulaan siswa sebesar 62.60. Setelah intervensi, terjadi peningkatan substansial dengan rata-rata (mean) 86.30. Peningkatan rata-rata sebesar 23.7 poin ini menggambarkan efektivitas model pembelajaran yang diterapkan dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Hal ini dibuktikan nilai signifikansi (Sig. (2-tailed)) yang dihasilkan 0.000. Nilai ini jauh lebih kecil dari ambang batas signifikansi yang umumnya digunakan sebesar (0.05). Dengan demikian, hasil uji t-test ini menolak hipotesis nol (H0) yang menyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan membaca permulaan siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan media puzzle, dan menerima hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan adanya perbedaan signifikan. en_US
dc.subject Model en_US
dc.subject Scramble en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Permulaan en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATI SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SDS TAMAN SISWA BELAWAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account