Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/24913
Title: | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATI SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SDS TAMAN SISWA BELAWAN |
Authors: | NURDAHLIA |
Keywords: | Model;Scramble;Kemampuan Membaca Permulaan |
Issue Date: | 13-Aug-2024 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa dengan menerapkan model pembelajaran scramble berbantuan media puzzle pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SDS Taman Siswa Belawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi yang digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan kemampuan membaca permulaan siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan model pembelajaran scramble berbantuan media puzzle terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. Dari hasil penelitian terdapat peningkatan yang signifikan dari kemampuan membaca permulaan siswa kelas III setelah penerapan model pembelajaran scramble berbantuan media puzzle. Sebelum penerapan model pembelajaran scramble berbantuan media puzzle rata-rata kemampuan membaca permulaan siswa sebesar 62.60. Setelah intervensi, terjadi peningkatan substansial dengan rata-rata (mean) 86.30. Peningkatan rata-rata sebesar 23.7 poin ini menggambarkan efektivitas model pembelajaran yang diterapkan dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Hal ini dibuktikan nilai signifikansi (Sig. (2-tailed)) yang dihasilkan 0.000. Nilai ini jauh lebih kecil dari ambang batas signifikansi yang umumnya digunakan sebesar (0.05). Dengan demikian, hasil uji t-test ini menolak hipotesis nol (H0) yang menyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan membaca permulaan siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan media puzzle, dan menerima hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan adanya perbedaan signifikan. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24913 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi_Nurdahlia_FIX((Turnitin)).pdf | 7.65 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.