Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian metode pengembangan (Reaserch and
Development) dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation tetapi penelitian ini hanya sampai
ditahap Implementation saja. (1) tahap analysis yaitu tahap mencari informasi baik
itu analisis kebutuhan, analisis karakteristik siswa, dan anlisis kurikulum. (2) tahap
design yaitu tahap perancangan mulai dari perancangan komponen ahan ajar,
perancangan materi bahan ajar, dan perancangan instrumen. (3) tahap development
yaitu tahap pengembangan untuk mengvalidasi dari bahan ajar yang dikembangkan
dari beberapa ahli. (4) tahap evaluation yaitu tahap pengujian lapangan yaitu uji
kepperaktisan guru dan siswa. Penelitian ini menghasilkan suatu produk berupa
bahan ajar Market Day Sebagai Internalisasi Jiwa Kewiraushaan Siswa Kelas IV di
SDN 101788 Marindal yang telah teruji kevalidan dan kepraktisannya. Materi yang
di gunakan adalah materi kelas 4 semester 2, Bab 7 topik C “Kegiatan Jual Beli
Sebagai Salah Satu Pemenuhan Kebutuhan”. Hasil pengembangan yang dilakukan
dengan penilaian para ahli yaitu validator ahli materi 98% “sangat Valid”, ahli
Bahasa 80% “valid” dan, ahli desain media 90,40% “sangat valid”. Hasil penelitian
juga juga menunjukan bahana ajar layak digunakan berdasarkan kepraktisan guru
dan siswa. Respon guru mendapatkan 98,66% “sangat praktis”. Uji coba dilakukan
di kelas IV C dengan jumlah siswa 23 mendapatkan 94,80% “sangat praktis”.
Dengan demikian produk ini layak digunakan sebagai media pe,mbelajaran di klas
IV SDN 101788 Marindal.