Abstract:
Tujuan penelitian ini yaitu untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana
pengembangan bahan ajar berbasis alur merdeka materi daerahku kebanggaanku
Aceh Tenggara. (2) Untuk mengetahui tingkat kevalidan bahan ajar berbasis alur
merdeka materi daerahku kebanggaanku Aceh Tenggara. (3) Untuk mengetahui
tingkat kepraktisan bahan ajar berbasis alur merdeka materi daerahku
kebanggaanku Aceh Tenggara. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah
metode penelitian dan pengembangan Resaerch And Development (R&D). Model
pengembangan yang dipergunakan pada penelitian ini yaitu model pengembangan
ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: (1) Tahap Analisis (Analysis), (2) Tahap
Desain (Design), (3) Tahap Pengembangan (Development), (4) Tahap
Implementasi (Implementation), Dan (5) Tahap Evaluasi (Evaluation). Penelitian
ini ialah menghasilkan bahan ajar berbasis alur merdeka pada materi daerahku
kebangganku di sekolah dasar. Berdasarkan hasil validasi ibahan ajar rata-rata
98%, untuk validasi ahli materi 97,8%, untuk ahli desain 95% dan untuk ahli
bahasa 95%, yang artinya bahan ajar termasuk dalam kriteria valid. Hasil
kepraktisan terhadap bahan ajar untuk respon guru diperoleh 96,6%, dan untuk
respon siswa diperoleh 95,77%, yang artinya bahan ajar termasuk dalam kriteria
sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar
berbasis alur merdeka materi daerahku kebanggaanku Aceh Tenggara telah
dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.