Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana proses
pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan dana kas kecil di SMK PAB 3
Medan Estate dengan model pembelajaran pembelajaran Numbered Heads
Together, 2) Meningkatan keaktifan peserta didik dengan model pembelajaran
Numbered Heads Together pada pembelajaran akuntansi dana kas kecil di SMK
PAB 3 Medan Estate dan 3) Meningkatan hasil belajar peserta didik dengan
model pembelajaran Numbered Heads Together pada akuntansi dana kas kecil di
SMK PAB 3 Medan Estate.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan
pada bulan Februari hingga bulan Maret 2017 di SMK PAB 3 Medan Estate.
Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X Ak SMK PAB 3 Medan Estate
berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi
observasi dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran akuntansi pada
pokok bahasan dana kas kecil menggunakan model pembelajaran Numbered
Heads Together dalam pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan dana kas
kecil meningkatkan keaktifan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan keaktifan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 56,67% meningkat pada
siklus ke II menjadi 80% dengan peningkatan keaktifan sebesar 23,33%. Model
pembelajaran Numbered Heads Together dalam pembelajaran akuntansi pada
pokok bahasan dana kas kecil meningkatkan hasil belajar peserta didik, pada
siklus I dari hasil belajar menunjukkan presentase ketuntasan peserta didik
53,33%. hasil belajar pada siklus II menunjukkan presentase ketuntasan hasil
belajar peserta didik 83,33 % dengan peningkatan keaktifan sebesar 30%.