Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kinerja guru di SMA Negeri 2 Percut Sei
Tuan; (2) budaya positif di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan; (3) strategi membangun,
menumbuhkembangkan, menjaga keberlanjutan serta konsistensi pelaksanaan budaya
positif; dan (4) bagaimana hubungan budaya positif dengan kinerja guru di SMA Negeri 2
Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan
pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian
dan kesimpulan. Subjek dan objek penelitian adalah kepala sekolah dan guru-guru di SMA
Negeri 2 Percut Sei Tuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Kinerja guru di SMA
Negeri 2 Percut Sei Tuan dapat dikategorikan “baik”, hal ini ditunjukkan melalui
kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai hasil pembelajaran, juga
kemampuan dalam membimbing dan melatih peserta didik dan melaksanakan tugas
tambahan yang diamanahkan oleh sekolah; (2) Budaya positif di SMA Negeri 2 Percut Sei
Tuan telah nyata terimplementasi dengan baik, diantaranya adalah budaya merumuskan visi,
misi dan tujuan sekolah secara bersama-sama, budaya berkolaborasi guru dalam
mengembangkan dan melaksanakan kurikulum, budaya warga sekolah dalam berkomitmen
dan konsisten dalam membangun komunikasi yang positif dan saling mendukung, budaya
warga sekolah bersama-sama membangun narasi positif tentang sekolah dan juga para
pemimpin dan tokoh sekolah, budaya tranparansi yang ditunjukkan oleh manajemen sekolah
dalam membangun struktur organisasi serta komitmennya warga sekolah untuk
melaksanakan struktur organisasi tersebut, budaya rutinitas positif yang dilakukan secara
bersama-sama di sekolah, budaya kebersamaan dan kolaborasi guru dalam belajar dan
merancang pembelajaran, serta budaya warga sekolah yang kerap membangun hubungan
dan interaksi yang baik dengan para stakeholder sekolah; (3) SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan
telah berupaya membangun dan menumbuhkembangkan budaya positif sekolah dengan
berbagai strategi; dan (4) Budaya positif yang ditumbuhkembangkan di SMA Negeri 2
Percut Sei Tuan memberikan pengaruh positif pada meningkatnya kinerja guru.