Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning
Cycle terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar membukukan
jurnal penyesuaian. Siswa kelas X SMK Muhammadiyah 04 Medan Tahun
Pembelajaran 2016/2017. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 04 Medan.Populasi dalam penelitian
ini berjumlah 26orang. Teknil pengambilan sampel yang digunakan adalah Total
Sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas X AK yang
berjumlah 26 orang sebagai sampel penelitian. Instrument penelitian yag
digunakan adalah tes tertulis yang berbentuk uraian yang berjumlah 10 item.Dari
hasil analisis data pre test diperoleh nilai rata-rata 56,5 dan standart deviasinya
21,30. Sedangkan untuk data post test nilai rata-rata 87,8 dan standart deviasinya
27,55 dalam pengujian hipotesis menunjukkan thitung 10,29 dan bila
dikonsultasikan dengan nilai tabel “t” pada taraf signifikan 0,05, dengan db = N-2
= 24 maka ttabel = 1,711. Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel
diperoleh ( 10,29 > 1,711), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga
kesimpulannya adalah “ Ada Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle
Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 04 Medan